Monday, 22 April 2013

Tips Cara Instal Windows 7 dengan USB Flash Disk

Windows 7


Selamat pagi semunya, sudah cukup lama ga posting ni. Hari ini tentunya sedikit berbeda. Apanya yang berbeda ya?

Hari ini saya ingin memapasrkan tentang windows 7. Mau tahu lebih lanjut?

Baiklah, simak baik-baik artikel ini ya!

Jadi ceritanya, tadi malem saya dapat request mendadak dari kakak saya, kebetulan leptopnya lagi rusak, padahal besok pagi dia harus presentasi dengan menggunakan laptopnya itu. Sudah kebaca sih apa sebenarnya persoalannya. Tentu tidak sulit untuk memperbaiki laptop yang rusak, apalagi hanya sekedar install ulang windows 7 (nyombong dikit ceritanya).

Akhirnya saya dapat bagian buat benerin laptopnya (install ulang windows buat laptopnya). Pekerjaanya mudah, tapi kalau mendadak gini berat juga lo jadinya! Bayangkan, saya ga punya DVD nya Windows 7 terus gimana cara instalnya coba? Hadeh bikin pusing aja!

Setelah sedikit cek and recek di Mr. Google. Akhirnya ketemu juga solusinya. Kebetulan saya punya installer windows 7 di laptop, tadinya agak bingung gimana cara booting ke laptop kalau ga pake DVD. Tapi ternyata dengan hanya menggunakan flash diskpun, proses booting tetap bisa dilakukan. Haha akhirnya tetap bisa jaga image deh.

Setelah di praktekin, ternyata banyak banget keuntungan proses booting dengan USB flash disk untuk proses instalasi windows 7. Salah satunya, intaller windows yang ada di flash disk lebih aman (kalo CD ke gores kan sulit tu kebaca sama laptopnya, hihihi).

Oke, langsung saja ke TKP!

Pertama, nyalakan laptop anda! Jangan lupa juga masukan Flash Disk ke USB laptop anda!

Kedua, Masuk ke run program, bisa dilakukan dengan mengklik all program, ketik run atau bisa juga dengan klik tombol WIN + R, dengan demikian anda akan langsung masuk ke program run.

Ketiga, Selanjutnya adalah klik CMD (yup benar banget, setting USB ini kita lakukan dengan perintah Command Prompt), sehingga akan muncul gambar seperti berikut:

CMD 1

Setelah itu ketik diskpart lalu tekan ENTER, sehingga akan muncul gambar seperti berikut:

CMD 2

Setelah itu ketik list disk lalu tekan ENTER, sehingga akan muncul gambar seperti berikut:

CMD 3

Seperti terlihat pada gambar di atas, pada laptop yang saya pakai ada 2 pilihan disk, yaitu Disk 0 dan Disk 1. Yang harus kita pilih adalah Disk 1 yang merupakan flash disk yang saya pake (berhubung yang saya pake contoh disini adalah flash disk dengan ukuran 2 GB maka ukuran size yang muncul di Disk 1 adalah 1909 MB, catatan buat masbrow dan mbkbrow semuanya, jangan pake Flash Disk dibawah ukuran 4 GB karena ukuran installer Windows 7, sekitar 3 GB).

Selanjutnya ketik select disk 1 lalu tekan ENTER, sehingga akan muncul gambar seperti berikut:

CMD 4

Selanjutnya ketik clean lalu tekan ENTER (proses ini dilakukan untuk membersihkan/format Flasdisk anda, sehingga bisa dibuat untuk partisi)!

Selanjutnya ketik create partition primary lalu tekan ENTER!

Selanjutnya ketik select partition 1 lalu tekan ENTER!

Selanjutnya ketik active lalu tekan ENTER!

Selanjutnya ketik format fs=fat32 lalu tekan ENTER (dan bagian ini adalah bagian terlama karena aka nada proses formatting terhadap Flash Disk anda, jadi harap bersabar ya)!

Selanjutnya ketik assign lalu tekan ENTER!

Selanjutnya ketik exit  lalu tekan ENTER!

Jangan senang dulu! Ini baru proses awal, ini baru sebagian dari proses instalasi yang akan anda lakukan. Tentu setelah semua proses setting terhadap Flash Disk anda selesai, diperlukan proses intsalasi lebih lanjut. Kemudian copy lah semua file windows 7 (bisa dari DVD yang anda beli atau bisa juga installernya yang sudah ada di laptop anda).

Keempat, setelah proses pemindahan installer windows 7 selesai, maka langkah selanjutnya adalah proses booting. Yang perlu anda lakukan adalah restart laptop kemudian masuk ke bios (berhubung laptop kakak saya kemarin adalah asus, maka untuk masuk ke Bios bisa dilakukan dengan menekan tombol f2 beberapa saat sebelum laptopnya menyala kembali).

Kelima, Setelah masuk di Bios, anda settinglah USB Flash Disk anda menjadi main device yang akan di baca oleh laptop anda dan jangan lupa tentunya untuk mengaktifkan proses booting (biasanya dengan mengganti bagian disable menjadi enable).

Setelah semua bagian di Bios selesai, maka klik f10 untuk menyimpan semua setelan yang anda lakukan.

Untuk masuk ke proses booting, ketik sembarang tombol di keybord, setelah itu akan terjadi proses pembacaan terhadap installer yang anda pasang di Flash Disk tadi.

Keenam, setelah proses pembacaan selesai makan akan masuk ke proses instalasi, klik INSTAL kemudian pilih setelah windows 7 yang anda inginkan (jangan lupa sesuaikan antara kemampuan prosesor dengan instalasi laptop anda, jangan sampai netbook dengan prosesor intel atom diinstal windows 7 ultimate x64, bisa keder tu laptop, hihi J )
Nah saya rasa, untuk proses selanjutnya sudah anda bisa lakukan sendiri tanpa bantuan saya, hehe. 

Oya, jangan lupa buat anda, berdoa dulu sebelum melakukan proses install ya.

Note
Untuk proses setting Flash Disk sebagai media booting, sebenarnya bisa dilakukan secara otomatis dengan menggunakan beberapa software seperti WinToFlash, dimana proses yang dilakukan jauh lebih sederhana dari proses di atas.

15 comments:

  1. Nice post :)
    bermanfaat banget ,saya telah mencoba ...

    keep update and visit my blog
    http://sharingnetworking.com

    ReplyDelete
  2. Mf bos,tapi flesdish saya gak kebaca di CMD.gmana solusinya?

    ReplyDelete
  3. izin compas

    ReplyDelete
  4. Masbro saya punya masalah di bag. Bios nya,, saya sudah ngatur FD nya jadi main device,,terus saya save
    tapi setelah gak masuk-masuk ke proses booting instalasi nya . . Malah langsung starting windows?
    Ada solusinya gak gan?
    saya ngatur media booting nya pake win to flash

    ReplyDelete
  5. gak cd instaler win 7 itu cd yang di kasih waktu beli leptopnya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo itu oem tu cd gak bisa dicopy ke fd

      Delete
  6. Terima kasih banyak informasinya.
    Akhirnya dapet juga yang bermanfaat. :)

    Via : Bandung IT

    ReplyDelete
  7. wah sangat membantu sekali tutorial cara instal windowsnya,. salam kenal gan dari softwarepcmania

    ReplyDelete
  8. f8 aja ..ini ribet kali.... :P

    ReplyDelete
  9. gan, gua nanya, ini kan gua mau instal notebook mini yg ga bisa masuk CD, nah laptop nya kena virus, dan ketika setelah slesai proses booting, layar hitam, gadag isi sama sekali, masuk ke command prompt pun ga bisa, kira2 booting alternative nya gimana?

    ReplyDelete
  10. ko flashdisk saya ga kedetek ya di cmd?
    mohon bantuannya gan.

    ReplyDelete
  11. takut2 jg sob klo blm prnh sama skali menginstall win7 pke flashdisk, salah dikit gatau ntah apa yg terjadi sm win XP.
    harus di dampingi sama kakak / abang yg lbih brpengalaman nih hehe
    -keep sharing-

    ReplyDelete