Monday, 15 April 2013

Tips Menghentikan Iklan Pop Up di Google Chrome dengan Better Pop Up Blocker

Beberapa hari yang lalu saya masuk ke sebuah situs (tidak boleh sebut merek) untuk mendownload sebuah file. Situs tersebut agak ribet, terlalu banyak tombol-tombol yang membingungkan, sehingga membuat saya agak kerepotan untuk mendownload file yang saya cari. Tapi yang paling mengesalkan adalah, setiap saya klik sebuah tombol yang terhubung ke sebuah halaman tertentu, munculah iklan (Pop UP). Awalnya saya tidak terlalu terganggu dengan iklan Pop Up ini, tetapi karena saking ribetnya situs tersebut, saya harus berlama-lama di stus tersebut dan tentunya semakin banyak tombol tertentu yang saya klik, dan semakin banyak saja Pop Up – Pop Up yang bermunculan.  

Tentu sangat menyebalkan ketika kita browsing tiba-tiba muncul iklan-iklan Pop Up seperti itu, tetapi saya juga bisa memahaminya. Inilah salah satu cara mereka menghasilkan uang, toh ini juga tidak haram untuk dilakukan. Ya anggap saja sedikit beramal dengan ikut memunculkan iklan Pop Up ini. Kan kasihan juga, sudah dibuat susah-susah tapi tidak ada yang bantu buat memunculkannya. Hehe

Tapi saya tetap kesal dengan iklan yang berlebihan seperti itu! Saya ambil contoh, sebuah situs web hosting terkemuka (tidak boleh sebut merek) yang menyediakan jasa penyimpanan data online, memanfaatkan iklan Pop Up sebagai salah satu cara untuk menghasilkan uang. Setiap saya mau download file di situs tersebut, pasti muncul iklan Pop Up, belum dapat download satupun file, iklan Pop Up sudah muncul sampai 3 kali lebih.

Kesal ga kalau digituan?

Pada dasarnya Iklan Pop Up ini akan muncul ketika kita meng klik sebuah tombol tertentu, biasanya untuk download atau masuk ke sebuah halaman tertentu. Pop Up ini bermacam-macam, ada iklan tentang game, software, hardware dll. Tapi intinya Pop Up ini adalah mengiklankan sebuah produk tertentu. Pop Up ini sebenarnya tidak berbahaya, jika dikaitkan dengan virus atau maleware, tetapi mengesalkan dan menggangu jaringan internet, jika jaringannya cukup lemah.

Kebayang ga tu, kalau internet lagi lemot-lemotnya, tiba-tiba muncul iklan-iklan seperti itu?

Ada beberapa cara untuk menghilangkan atau menghentikan aksi Pop Up ini, tapi pada postingan ini saya ingin mengkhusus pada satu cara, yaitu dengan menggunakan sebuah extension. Extension ini adalah sebuah alat yang di pasang di Google Chrome dengan fungsi tertentu agar bisa bekerja selaras dengan Google Chrome, semacam Add-on di Mozilla Firefox.

Extension apa yang bisa digunakan untuk menghentikan Iklan Pop Up?”    

Better Pop Up Blocker!

Cara kerjanya sangat sederhana, yaitu menghentikan semua aktifitas Pop Up yang dibuka secara otomatis oleh javascript. Better Pop Up Blocker ini bekerja secara otomatis, sehingga kita tidak perlu melakukan setting dan lain sebagainya untuk menghentikan iklan Pop Up ini.

 Bagaimana cara memasang Better Pop Blocker di Google Chrome?”

Berikut adalah cara untuk memasang extension tersebut :

Pertama, masuk ke situs http://adf.ly/MzRKX

Untuk masuk ke situs yang menyediakan extension Better Pop Up Blocker, klik “SKIP”.

Pop Up Blocker

Kedua, klik “Tambah ke Chrome” untuk menginstal extension tersebut ke dalam Google Chrome!

Ketiga, klik “Add”

Pop Up Blocker

Jika sudah, seharusnya akan muncul seperti pada gambar di bawah ini!

Pop Up Blocker

Pop Up Blocker

Selanjutnya, anda sudah bisa menikmati browsing dan downloading tanpa diganggu oleh iklan Pop Up lagi.

Selamat mencoba!

11 comments:

  1. ini nih yang sering mengganggu gan,, bener banget nih gan,, thnak's ya gan caranya ,, ane coba dagh gan

    ReplyDelete
  2. terima kasih :)

    ReplyDelete
  3. Iklan di situs download sangat mengganggu, semoga cara ini bisa untuk mengatasinya :)

    ReplyDelete
  4. thanks yaa , sekarang gk keganggu lagi..

    ReplyDelete
  5. terimakasih banget atas infonya boss, ini sangat bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  6. Kalo pake cara uncheck enable pop up nya pada settingan google chromenya bisa gk ???

    Kunjungannya balik ya : haidarelbarca.blogspot.com

    ReplyDelete
  7. thanks banget gan, infonya membantu sekali..

    ReplyDelete
  8. Sudah 2 bulan ini saya sangat terganggu dengan iklan-iklan otomatis muncul jika membuka sebuah website. sekarang sudah hilang pake Better Pop Up Blocker. thx share

    ReplyDelete